BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Wednesday, October 10, 2012

Tugas Individu (Teori Skinner + Pengalaman)


PENGALAMAN:

Saat SMA, aku menyukai pelajaran komputer. Yah, sebenarnya karena dari kecil sudah dihadapkan dengan komputer, sering menyepelekan segala sesuatunyayang berhubungan dengan komputer. Kalau ada tugas yang berhubungan dengan komputer, sering dikerjakan 3 jam sebelum masuk pelajaran itu (saat istirahat) atau saat sudah di ruangan komputer saat akan penilaian (Karena nama dari ‘C’, dan yang nama dari ‘A’ banyak). Selama ini sih perkembangan nilainya baik-baik saja, rata-rata diatas 9.

Suatu waktu, ada tugas mendesign dengan powerpoint. Saat akan penilaian, baru mulai mengerjakan tugas itu. Namun, karena kurang paham menggunakan powerpoint, mengakibatkan pembuatan menjadi lambat. Sehingga tugasnya hanya sedikit yang terselesaikan. Perasaan tidak enak akan tugas yang belum selesai, di tambah dengan komentar guru yang membuat semakin tidak nyaman,”lho? Kamu belum siap? Hahahhaa. Saya kira kamu pasti siap. Ternyata kamu tidak sehebat yang saya kira”.

Sejak saat itu, saya tidak mau lagi mengerjakan tugas secara mendadak. Dan takut untuk menyepelekan tugas.


ANALISIS dengan TEORI BELAJAR SKINNER:

          Kebiasaan buruk yang menyelesaikan tugas secara mendadak, yang awalnya terus-terusan mendapatkan reinforcemen positive (nilai yang baik), suatu hari kegagalan dalam penyelesaian tugas dan komentar guru yang membuat menjadi tidak nyaman, merupakan reinforcemen negative. Sehingga merubah kebiasaan mengerjakan tugas dengan cara dadakan.

          Hal ini sama dengan teori yang dikemukakan oleh Skinner, yang menyatakan bahwa perilaku dapat dimunculkan dengan pemberian reinforcemen positive, dan dapat dikurangi dengan cara reinforcemen negative, dan dapat juga dihilangkan denga cara punishment terhadap hal yang tidak disukai.

No comments: