BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sunday, December 9, 2012

Tugas Individu


HASIL OBSERVASI SMK TRITECH INFORMATIKA
·         Nama Observer                      : Chairuna Syahputri Nasution
NIM Observer                         : 09.1301.029
·         Kelas                                       : X-TKJ-3 Excutive
·         Mata Pelajaran                       : Pendidikan Agama Islam
Nama Guru                              : Pak Musouri
·         Waktu Observasi                    : 11:48 – 12:05
Durasi Observasi                     : 17 Menit
·         Jumlah Siswa                         : 22 orang
·         Media Pembelajaran             
Guru                                        : Quis (Membacakan soal secara manual)
Siswa                                      : Menjawab pertanyaan (Menggunakan media buku dan alat tulis)
·         Situasi Fisik Kelas                     :o   Ukuran runangan : ± 9m X 6,5m
                                                        o   Kipas angin 2, AC 1
                                                        o   TV LCD
                                                        o   Papan tulis putih (dibawah LCD)
                                                        o   Jam dinding
                                                        o   Meja guru terletak di sudut kanan depan (pandangan observer)
                                                        o   12 Meja siswa (3 kesamping, 4 kebelajang)
                                                        o   Jalan keluar masuk ruangan (tanpa papan pintu)
·         Alat Observasi                       :  o   Kertas tulis
                                                        o   Alat tulis
                                                        o   Handphone (untuk mengambil gambar)



proses belajar mengajar X-TKJ 3 Excutive

        
        A.       Alat Panduan Observasi
Tabel 5.7 (Kaitan antara Tahapan Belajar dengan Peristiwa Pembelajaran)
Deskripsi
Tahapan Belajar
Kegiatan Pembelajaran
Hasil Pengamatan
Keterangan
Persiapan Belajar
1.   Mengarahkan Perhatian
Menarik perhatian siswa dengan menggunakan kejadian tidak seperti biasa
Guru mengarahkan perhatian siswa kepadanya dengan menggunakan bahasa non formal, sehingga siswa merasa akrab dengan sang guru
“Kau, kerjakan itu dengan benar” , “kalau nyontek lagi kau, ku kasi nilai 4”
2.       Ekspektasi

Memberitahukan tujuan pembelajaran

Tidak adanya terjadi proses ini
3. Retrieval untuk dimasukkan keingatan kerja
Merangsang ingatan atas belajar yang telah dipelajari
Memberikan kuis pada akhir pertemuan untuk mengingatkan kembali tentang pelajaran-pelajaran yang sudah dibahas sebelumnya.

Akuisisi dan Kinerja
4.     Persepsi selektif atas ciri stimulus
Menyajikan stimulus dengan ciri yang berbeda
Memberikan soal-soal kuis

5.     Penyandian Semantik
Memberikan bimbingan belajar
Memberikan ingatan kembali dengan cara memberi petunjuk jawaban
“yang kemarin kita pelajarin, pas ....”
6.      Retrieval dan Respon
Memunculkan kinerja
Memunculkan kinerja siswa dengan cara siswa menjawab pertanyaan kuis yang diberikan oleh guru.

7.        Penguatan
Memberikan inofatif


Transfer Belajar
8.       Pemberian Petunjuk retrieval
Menilai perbuatan/kinerja
Menjawab pertanyaan kuis secara bersama-sama, sehingga siswa dapat mengingat kembali jawaban tersebut.

9.       Generalisasi
Memunculkan kinerja dengan contoh baru



                Berdasarkan hasil observasi dengan panduang tabel 5.7 (halaman 199), metode yang diberikan guru sudah hampir memenuhi panduan pada tabel ini. Hanya beberapa yang tidak terpenuhi, karena proses yang terjadi saat di observasi merupakan akhir dari proses belajar yaitu kuis untuk memberikan ingatan kembali kepada siswa, sehingga mereka mudah untuk mengikuti ujian semester.

         B.       Langkah-Langkah Awal dalam Observasi
Tabel 5.6 (Saran Kata Kerja untuk Jenis Belajar)
Kapabilitas
Deskripsi
Informasi
Observer mencari informasi yang akan digunakan dalam proses observasi, yaitu dengan cara membaca buku “Psikologi Belajar, bab 5”, bertanya dengan calon-calon observer yang lain agar mendapatkan informasi yang lebih akurat.
Keterampilan Motorik
·         Sebelum melakukan observasi, observer mencatat panduan yang akan dilakukan agar mempermudah proses observasi
·         Saat Melakukan observasi, Observer memperhatikan sekeliling dengan cepat untuk mendapatkan data awal, karena ketika proses dilakukan dengan tidak cepat, akan kehilangan banyak informasi. Mencatat aktivitas yang dilakukan oleh Guru dan siswa
·         Akhir Observasi, mengambil gambar sebagai bukti observasi. Meninjau ulang data, apakah ada yang tertinggal.
Sikap
Sikap yang diberikan saat observasi, bersikap cuek ketika beberapa siswa memperhatikan adanya “orang asing” yang memperhatikan kegiatan pembelajaran mereka (mungkin sekalian mereka mencontek jawaban kuis).
Siasat Kognitif
Mempersiapkan segalanya untuk proses observasi.
Keterampilan Intelektual
·  Membedakan
·  Konsep
·  Aturan
·  Kaidah Tingkat Tinggi


Testimonial:
                Mengamati proses belajar mengajar yang cukup berbeda dari proses pembelajaran yang diberikan saat saya SMA, membuat wawasan saya berkembang. Ternyata di Medan sudah ada proses pembelajaran yang menggunakan metode E-Learning pada hampir seluruh mata pelajarannya. Namun, karena waktu yang cukup terbatas, sehingga proses observsi tidak dapat berjalan maksimal. Karena untuk menentukan dan mencari kelas yang akan digunakan observasi oleh observer sulit ditentukan, karena untuk kelas 1 saja, mereka memiliki kelas reguler dan eksekutif menghabiskan cukup banyak waktu.
                Dalam proses observasi, kelas sedang menjalankan proses kuis pada akhir mata pelajaran. Setelah proses penilaian kuis, guru meninggalkan kelas. Siswa memanfaatkan waktu tersebut untuk tidur, bermain dengan laptop mereka, bahkan ada yang membuka facebook ataupun twitter. Hampir 15 menit guru keluar, masuk guru berikutnya, dan waktu yang disepakati untuk berkumpul setelah observasi sudah habis.

No comments: