Kasus:
"Mengapa mahasiswa psikologi USU yang mengambil
mata kuliah psikologi belajar TA 2012/2013 semester ganjil sebahagian besar
tidak memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan rencana melakukan
observasi di lapangan?"
Teori
Gagne
Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh
Gagne bahwa belajar adalah mekanisme yang membuat individu menjadi berfungsi
sebagai anggota masyarakat secara kompeten (Gagne, 1977a). Dalam proses
belajar, ada sembilan tahapan dalam proses belajar:
1. Memperhatikan
2. Harapan
3. Memori
4. Persepsi selektif terhadap stimulus
5. Pengkodean semantik
6. Pengambilan kembali dan respon
7. Penguatan
8. Pengambilan petunjuk
9. Kemampuan generalisasi
Adapun macam-macam keriteria belajar dan
jika dikaitkan dengan kasus adalah:
· Informasi verbal: Informasi yang
ditampilkan memang tidak verbal melainkan melalui media online. Banyak
mahasiswa yang tidak aktif secara online. Hal ini dapat diakibatkan oleh
beberapa hal. Misalnya, ketidak tersediaan sinyal untuk online. Banyaknya tugas
yang harus diselesaikan, sehingga tidak sempatnya mahasiswa membuka jejaring
sosial facebook (kebanyakan yang ketagihan, dan tidak dapat berhenti bermain di
jejaring ini)
· Keterampilan intelektual: Kebanyakna
mahasiswa yang sudah memahami maksud dari tugas yang akan dilakukan tersebut.
Dan, karena akan dibicarakan kembali di dalam kelas, akan lebih mempermudah
mahasiswa melakukan tanya jawab secara langsung.
· Keterampilan motorik: Keterampilan
motorik (keaktifan) ini yang mungkin kurang dalam kasus ini. Hal ini
mungkin terjadi karena sudah adanya postingan yang mirip yang akan di berikan,
agar tidak terjadinya pertanyaan ganda akan hal tersebut.
· Sikap
· Strategi kognitif: pemberitahuan terhadap
tugas ini pada saat proses ujian, mengakibatkan mahasiswa memfokuskan diri pada
ujian yang sedang berlangsung.
Teori
Piaget
Teori Piaget berpendapatan konstruktivis tentang
Kecerdasan, bahwa adanya perbedaan antara pandangan tradisional yang mengatakan
bahwa pandangan tradisional tentang belajar itu keliru. Psikolog dan pendidik
mendeskripsikan pengetahuan sebagai beberapa entitas diluar objek dan peristiwa
yang terdiri dari informasi objektif statis tentang dunia nyata. Karena,
individu dan lingkungan dapat diposahkan secara ilmu pengetahuan.
Menurut Piaget, kecerdasan adalah aktif, dinamis dan
senantiasa berubah. Seiring berjalannya waktu dan usia, kecerdasan seseorang
akan terus berkembang. Dan adapun faktor-faktor esensial dalam perkembangan
kognitif yang berupa lingkungan fisik, kematangan, pengaruh sosial dan proses.
Karena perkembangan kecerdasan itu aktif, mahasiswa yang telah melewati
berbagai faktor esensial tersebut mengalami perkembangan kecerdasan kognitif.
Sehingga mahasiswa yang membaca akan postingan tersebut namun tidak memberikan
komentar akan postingan tersebut, bisa dikarenakan tugas yang diposting telah
dipahami dengan baik. Dan menunggu proses yang akan dilaksanakan secara detail
melalui diskusi yang akan dilakukan didalam kelas.
Teori Bandura
Menurut teori Bandura, proses belajar dapat
berlangsung melalui proses pengamatan perilaku yang ditampilkan oleh orang lain
yang dianggapnya percaya. Proses belajar dapat:
a. Mengabstraksi rangkaian informasi dari
pengamatan perilaku orang lain. Karena banyaknya mahasiswa yang tidak
memposting komen, maka adanya proses pembelajaran yang didapat disini. Modelling.
b. Membuat keputusan tentang perilaku untuk
diadopsi dan diberlakukan. Ketiak dikaitan dengan kasus, mengamati perilaku
yang lain yang memposting komen yang dianggap berbobot(misalnya: tentang waktu)
dan memenuhi atau mewakili pertanyaak ataupun pendapat yang akan disampaikan
oleh mahasiswa lainnya..
No comments:
Post a Comment