Saat membaca buku Paedagogi
(Danim dan Khairil, 2010) di Bagian 2, ada tentang menginspirasi siswa.
Kegiatan mengajar yang unggul dipandang sebagai proses akademik, dimana siswa
termotivasi belajar secara berkelanjutan, substansial, dan positif terutama
berkaitan dengan bagaimana mereka berfikir, bertindak dan merasa. Keunggulan
ini juga bermakna suatu proses yang
dapat mengangkat proses motivasi pada siswa.
Hal ini mungkin sering terjadi pada
kita. Seorang guru memberikan pujian kepada kita, agar kita menjadi termotivasi
lagi dalam melakukan suatu hal yang lebih baik, atau mungkin saat kita susah
payah belajar, kita mendapatkan hasil yang memuaskan. Hal ini dapat juga
dikaitkan dengan teori classical learning
(reward dan punishment). Dimana kita mendapatkan respon baru setelah
diberikan stimulus-stimulus baru.
Saat saya kelas 3 SMA, saat mata
pelajaran ilmu komputer. Kami diberikan tugas untuk membuat ‘hyperlink’ seperti
di website. Awalnya, mengerjakan tugas itu hanya untuk menyelesaikan tugas dan
dapat nilai, tidak ada hal spesial yang diharapkan. Karena menurut saya saat itu,
ini hanyalah tugas seperti biasa yang diberikan guru.
Saat penilaian, ada beberapa
orang anak yang ditanya mau nilai berapa untuk nilai tugas ini. Ya, karena
mereka menyelesaikan tugas mereka dengan baik. Tiba saat penilaian tugas saya,
guru hanya menyuruh “coba klik yang atas”, saat saya klik langsung muncul
bagian yang saya inginkan. Sang guru senyum dan mengatakan kepada teman-teman
yang lain “liat ini, si Runa udah selesai tugasnya, sangat bagus! Kamu saya
kasi nilai sempurna untuk tugas ini”. Saya hanya tersenyum dan malu-malu akan
hal itu.
Setelah saat itu, saya sangat
semangat dalam mengerjakan tugas-tugas apalagi bidang komputer. Dan hasilnya, saat
pembagian rapot, benar saja nilai tertinggi saya salah satunya komputer. Hingga
akhirnya saya berangan dan memantapkan keputusan untuk kuliah mengambil jurusan
Tekhnik Informatika (meskipun sepenuhnya bukan karena hal itu).
Omongan, pujian, celaan
sebenarnya adalah suatu motivasi yang diberikan oleh seseorang kepda kita,
tinggal gimana kita menaggapi perkataan orang tersebut. Untuk menginspirasi
siswa, ada banyak cara. Namun, untuk menjadi guru yang baik untuk
murid-muridnya sebaiknya guru harus memiliki berikut, karena berdasarkan hasil
kajian, guru yang unggul memiliki karakteristik sebagai berikut:
No comments:
Post a Comment