BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Tuesday, March 5, 2013

Bagian 2: Mengajar, Ahli Pedagogi, dan Paradigma Belajar




Saat membaca buku Paedagogi (Danim dan Khairil, 2010) di Bagian 2, ada tentang menginspirasi siswa. Kegiatan mengajar yang unggul dipandang sebagai proses akademik, dimana siswa termotivasi belajar secara berkelanjutan, substansial, dan positif terutama berkaitan dengan bagaimana mereka berfikir, bertindak dan merasa. Keunggulan ini juga bermakna suatu proses  yang dapat mengangkat proses motivasi pada siswa.

Hal ini mungkin sering terjadi pada kita. Seorang guru memberikan pujian kepada kita, agar kita menjadi termotivasi lagi dalam melakukan suatu hal yang lebih baik, atau mungkin saat kita susah payah belajar, kita mendapatkan hasil yang memuaskan. Hal ini dapat juga dikaitkan dengan teori classical learning (reward dan punishment). Dimana kita mendapatkan respon baru setelah diberikan stimulus-stimulus baru.

Saat saya kelas 3 SMA, saat mata pelajaran ilmu komputer. Kami diberikan tugas untuk membuat ‘hyperlink’ seperti di website. Awalnya, mengerjakan tugas itu hanya untuk menyelesaikan tugas dan dapat nilai, tidak ada hal spesial yang diharapkan. Karena menurut saya saat itu, ini hanyalah tugas seperti biasa yang diberikan guru.

Saat penilaian, ada beberapa orang anak yang ditanya mau nilai berapa untuk nilai tugas ini. Ya, karena mereka menyelesaikan tugas mereka dengan baik. Tiba saat penilaian tugas saya, guru hanya menyuruh “coba klik yang atas”, saat saya klik langsung muncul bagian yang saya inginkan. Sang guru senyum dan mengatakan kepada teman-teman yang lain “liat ini, si Runa udah selesai tugasnya, sangat bagus! Kamu saya kasi nilai sempurna untuk tugas ini”. Saya hanya tersenyum dan malu-malu akan hal itu.

Setelah saat itu, saya sangat semangat dalam mengerjakan tugas-tugas apalagi bidang komputer. Dan hasilnya, saat pembagian rapot, benar saja nilai tertinggi saya salah satunya komputer. Hingga akhirnya saya berangan dan memantapkan keputusan untuk kuliah mengambil jurusan Tekhnik Informatika (meskipun sepenuhnya bukan karena hal itu).

Omongan, pujian, celaan sebenarnya adalah suatu motivasi yang diberikan oleh seseorang kepda kita, tinggal gimana kita menaggapi perkataan orang tersebut. Untuk menginspirasi siswa, ada banyak cara. Namun, untuk menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya sebaiknya guru harus memiliki berikut, karena berdasarkan hasil kajian, guru yang unggul memiliki karakteristik sebagai berikut:

 

No comments: