BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Thursday, February 28, 2013

Bagian 1: Seni dan Ilmu Mengajar



Saat membaca mengenai Seni dan Ilmu mengajar, yang terbayang di pikiran saya adalah proses belajar pada anak-anak. Karena untuk mengajarkan kepada anak-anak kita haruslah kreatif untuk menarik perhatian mereka. Berikut adalah pengalaman saya saat sedang liburan yang berhubungan dengan seni mengajar. J

Saat liburan ke Jakarta, saya menginap di rumah saudara di kawasan Duren Sawit. Lingkungannya lebih mirip perkampungan, namun rumah saudara saya yang besar daerah itu dibandingkan dengan rumah-rumah lainnya. Suasananya nyaman, tenang.

Pagi hari, sekitar pukul 9.00, banyak anak-anak usia balita datang ke rumah saudara saya dengan Ibunya. Mereka membawa tas ransel kecil, sepatu lucu. Lucu deh... Tapi karena saya baru sehari, saya gak mengerti kenapa banyak anak-anak datang ke rumah itu. Ternyata setelah saya lihat-lihat, ternyata Tante saya dengan teman-teman Dharma Wanitanya membuat TK gratis buat anak-anak daerah situ.

Jumlah siswa yang ikut berpartisipasi ada 12 orang dengan guru pengampu 3 orang. Sekolah dilakukan 3 kali seminggu, dengan durasi belajar hanya 3 jam. Anak-anak belajar berbaris, menyanyi, menari, menggambar, semua hal-hal yang menyenangkan mereka lakukan.

Saat kelihatannya mereka sedang bosan, atau waktu belajar lebih cepat dari yang dijadwalkan, guru-gurunya memberikan permainan namun memberikan pelajaran kepada mereka. Sehingga mereka dapat terus belajar sambil bermain. Karena proses pembelajarannya pun sangat menyenangkan, Anak-anak belajar dengan semangat dan riang. Ada hal yang saya perhatikan, ketika ada pertanyaan mereka berebut menjawab, dan yang menjawab mendapatkan pujian dari sang guru. Setelah mereka dipuji, mereka melirik ke Ibunya, dan Ibunya membalas dengan tersenyum, dan hal itu membuat anak menjadi semakin semangat.

No comments: