BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Thursday, March 17, 2011

Tugas Andragogi 5

Seberapa pentingkah evaluasi pendidikan orang dewasa??

     Evaluasi adalah suatu cara mengukur hasil dari kegiatan pendidikan. Pengevaluasi merupakan bagian integral dari perencanaan pendidikan orang dewasa. Perencanaan, pelaksanaan, dan hasil suatu program harus dievaluasi dengan baik. Maka, pengevaluasi memiliki peran yang cukup penting dalam pendidikan. Menurut Flores, Bueno, dan Lapastora (1983) (dalam Suprijanto) evaluasi memiliki manfaat, sebagai berikut:

1.  1.   Menentukan patokan awal yang dapat dipakai sebagai dasar perbandingan tindakan baru
     2.   Menentukan pengarahan kembali (redirection) atau perbaikan suatu aktivitas
3.  3.   Menumbuhkan rasa aman kepada teknisi
4.  4.   Meningkatkan kepercayaan diri diantara penerima evaluasi

Menurut Frutchey (1973) (dalam Suprijanto), manfaat evaluasi adalah:

1.    1.    Mengetahui secara objektif apakah kegiatan penyuluhan benar-benar membawa hasil atau tidak
2.    2.    Mencek secara periodik efektivitas program penyuluhan untuk menentukan hal mana saja yang perlu  ditindakan
3.    3.    Memberikan rasa aman kepada penyuluh
4.    4.    Memberi bukti konkret yang siap digunakan untuk keperluan pihak terkait
5.    5.    Dapat meningkatkan sikap profesional dari penyuluh

Dari kesimpulan diatas, dapat dikatakan manfaat evaluasi secara umum adalah:

1.  1.      Menentukan patokan awal
2.  2.      Mengetahui keberhasilan suatu kegiatan
3.  3.      Mencek secara periodik efektivitas suatu program
4.  4.      Memberikan rasa aman kepada pelaksana tugas
5.  5.      Memberi bukti konkret pada pihak yang terkait
6.  6.      Meningkatkan sikap profesional kepada penerima evaluasi

Adapun tujuan utama dari evaluasi ini menurut Morgan,et al.,1976 (dalam buku Suprijanto) adalah:

1.  1.      Untuk menentukan seberapa dekat peserta didik secara individual dan keseluruhan kelas telah mencapai    tujuan umum yang telah ditentukan.
2.  2.      Untuk mengukur tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik dalam waktu tertentu
3.  3.      Untuk menentukan efektivitas bahan, metode, dan kegiatan pengajaran
4.  4.      Untuk memberi informasi yang bermanfaat bagi peserta didik, instruktur, dan masyarakat.


      Daftar Pustaka:
      Suprijanto .(2005).Pendidikan Orang Dewasa. Banjar Baru

No comments: