BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Friday, November 1, 2013

Testimonial Ujian Tengah Semester

Ujian tengah semester (UTS) kreativitas kali ini dengan tekhni online. Dosen pengampu mengirimkan soal dari email dan mahasiswa menjawab pertanyaan tersebut, dan mengirim kembali kepada dosen pengampu. Setelah jawaban diterima, dosen pengampu mengirim lagi soal berikutnya. Maksimal soal adalah 3 soal.

Dalam UTS kali ini memang kita dituntut untuk berfikir kreatif.  Karena soalnya bukan soal dengan jawaban pasti, melainkan jawaban yang berdasarkan cerita pengalaman-pengalaman mahasiswa yang berkaitan dengan kreativitas, dan dikaitkan dengan teori yang ada di buku. Sepintas ujian kali ini cukup gampang. Namun, disemua kegiatan basti ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya, mahasiswa bebas membaca buku saat mengerjakan ujian, waktu pengerjaan cukup panjang. Kekurangannya, jaringan internet yang membuat proses menjadi terhambat, kesibukan antara 2 belah pihak (pengampu dan mahasiswa) sehingga proses kurang lancar, terlalu banyak mahasiswa sehingga susahnya terkontrol kegiatan ini.

Memang, mungkin dalam ujian kali ini dosen memiliki strategi untuk melatih bakat kreativitas mahasiswa. Melakukan hal ini untuk mengayakan kreativitas (dalam hal ini tekhnik menjawab). Melakukan perbaikan dalam kreativitas (dalam hal ini saya menangkapnya sebagai konsep kreativitas. Karena banyak orang ‘awam’ yang menganggap kreativitas itu hanya karya benda, padahal penyelesaian masalah juga terasuk kreativitas). Bimbingan, Evaluasi terhadap karya kreativitas, dan membantu mengembangkan kreativitas (Munandar, 2009. Pg.55-57).

Proses kali ini mungkin cukup ribet karena berbagai hal. Banyak faktor yang membuat kegiatan ini cukup terhambat. Jika di tinjau dari model multiple talent oleh Taylor (1978), dalam proses pemenuhan kebutuhan pendidikan, konten dan proses belajar dapat dimodifikasi. Akan tetapi, perencanaan dan meramalkan sesuatu. Mungkin perencanaan sudah cukup matang untuk melakukan kegiatan ini, namun belum meramalkan secara maksimal apa yang akan terjadi jika ujian seperti ini dilakukan. Untungnya, dosen pengampu dapat dengan cepat mengambil keputusan untuk segera bertindak akan hal ini. (Munandar, 2009. Pg. 170-171).

Pada mahasiswa, mungkin pada tahap inkubasi (dalam proses) cukup panjang, sehingga product yang dihasilkan juga cukup terhambat. Karena, apabila mahasiswa segera mengirimkan jawaban dengan segera, pastilah dosen pengampu juga akan segera memberikan soal berikutnya. Sehingga kekurangan proses ini dapat diminalisir. (Munandar, 2009. pg. 32-42)

Segala sesuatunya butuh proses. Segala sesuatunya ada proses pembelajaran. Dan proses pembelajaran merupakan tahapan meningkatkan kreativitas individu. Semoga segala kekurangan bisa diminimalisir, dan kelebihan dapat ditingktakan.



No comments: